Pergerakan Mahasiswa yang Ideal (Student Movement)




Pergerakan mahasiswa merupakan pergerakan yang penuh kedinamisan. Dinamis dalam sisi massa,tujuan dan hal yang mendasari lainnya. Pergerakan mahasiswa pun pernah mengalami zaman keemasannya. Sebut saja saat penggulingan rezim Soeharto. Bahkan ada anekdot yang menyatakan bahwa presiden pun takut pada mahasiswa. Begitu pentingnya pergerakan mahasiswa dalam kehidupan bangsa ini.
Lalu bagaimanakah pergerakan mahasiswa yang ideal? Pergerakan yang memiliki massa yang banyak? Pengaruh yang kuat?
Jika memang apa yang dibenak kita adalah hal tersebut,menurut saya itu hanyalah hadiah dari pergerakan yang dilakukan.
Indikator keidealan dari pergerakan mahasiswa adalah mahasiswa yang berada dalam pergerakan tersebut mengerti dan paham tentang apa yang dia perjuangkan,tentang misi apa yang ingin dia bawa. Mengapa hal ini penting,karna bagaimana dia bisa mengajak orang lain jika dia tak paham dengan apa yang dia bawa.
Yang kedua adalah mereka (mahasiswa) mengajak kepada subjek pergerakan tersebut bukan untuk mengikuti pergerakan tersebut,namun lebih kepada esensi dan tujuan dari gerakan tersebut. Subjek tak perlu mengikuti pergerakan ,namun bisa ‘terbawa’ dengan visi misi gerakan tersebut
Yang ketiga adalah konsistensi ,prioritas,dan militansi  dari para kader pergerakan. Hal ini diperlukan karena konsistensi membuat pergerakan tersebut bisa terus hidup,berkembang ,dan tetap bisa meyebarkan ‘virus’ misi. Prioritas membuat para kadernya bisa memosisikan pergerakan sebagai hal yang penting dan ini yang membuat kekuatan dari pergerakan tersebut terbina sangat kuat. Militansi hadir guna mengobarkan semangat para penggerak. Semangat yang membakar di saat tekanan,ujian,dan ketidaksukaan pihak lain muncul. Dan kombinasi dari ketiga hal ini membuat pergerakan akan solid dan dapat mencapai tujuannya.
Yang keempat adalah peningkatan kapasitansi para penggerak. Kapasitansi ini meliputi kapasitansi internal maupun eksternal.Kapasitansi internal adalah kemampuan para penggerak itu sendiri berupa fisik,wawasan,mental, dan hal lainnya. Kapasitansi eksternal adalah kemampuan para penggerak untuk memengaruhi subjek pergerakan tersebut.
Akhirnya,keempat hal itulah yang merupakan syarat keidealan dari pergerakan yang kritis,pergerakan mahasiswa.

Comments

Popular Posts