Materi PP MATA ITB 2012


PP MATA (4)

v  Pada hakikatnya manusia diciptakan untuk dimuliakan dan dimanjakan oleh Allah  (Q.S.Al Isra : 70 )

v  Jadi  jika ada manusia yang mengaku beriman namun merasa  tidak bahagia itu aneh, bukan berarti hidupnya orang yg beriman mulus2 saja tanpa rintangan dan masalah, melainkan mereka senantiasa berbahagia karena yakin salah satunya pertolongan Allah amat dekat.

v  Ada 3 syarat menuju kebahagiaan >> fastabiqul khairat :


1.       Jangan pernah melupakan Allah (dzikr)

·         Manusia diciptakan dari tanah, tanah itu suci

·         Manusia itu mulia karena ada ruh yang dimasukkan, adapun makanan ruh itu ialah kedekatan kita dengan Allah

·         Pada zaman kekhalifahanUmar bin Khattab r.a. (11 tahun) hanya ada 2 kasus perzinaan, ini membuktikan betapa kondusifnya keadaan umat Islam saat itu, juga betapa baiknya kondisi ruhiyah umat Islam saat itu.

·         Ingat , rata2 antum sudah di atas 17 tahun, selama ini terus minta sama Allah...tapi hafal asmaul husna ga  ?

·         Dunia itu surganya orang kafir  tapi penjaranya orang mukmin.... , tapi ingat ! rahmat Allah di dunia ini mulai dari zaman Nabi Adam a.s. sampai nanti kiamat hanya 1 dari 100 rahmat-Nya...bayangkan betapa luar biasanya rahmat dan nikmat dari Allah di akhirat kelak (surga).

·         So, fokuslah pada akhirat tanpa melupakan kehidupan dunia tentunya

·         Dunia itu tempatnya beramal bukan berhitung ! Jangan kikir untuk berinfaq di jalan Allah !


2.       Jangan pernah berhenti belajar, menuntut ilmu

·         Setiap peristiwa di dunia ini adalah pembelajaran dari Allah swt

·         Ujung dunia adalah penyesalan ! contohnya ialah kisah Nabi Daud a.s. beserta kedua muridnya yang beliau suruh untuk mengambil batu, dan ternyata setelah disetorkan kepada Nabi Daud a.s. batu tersebut berubah menjadi emas yg akhirnya diberikan untuk kedua muridnya itu. Mereka menyesal karena tidak membawa batu (yg terlihat sabagai barang tak berguna) dengan jumlah yang lebih besar...itulah sedikit dari  gambaran hidup di dunia


3.       Maafkan orang lain , bersihkan hati ,lapangkan dada

·         Ikhlas itu dari awal hingga akhir , maka perbanyaklah berdzikr untuk mengingat Allah swt

·         Serahkan semuanya pada Allah, ambil hikmah dari tiap peristiwa, baik maupun buruk...lapangkan dada agar Allah limpahkan rahmat-Nya, fastabiqul khairat !

·         Ingat, tipu daya syaithan itu  lemah , namun tipu daya perempuan itu sangat dahsyat. Salah satu senjata terbesar untuk menghancurkan kaum muslimin adalah perempuan (yg tidak solehah tentunya)


v  Betapa meruginya manusia jika tidak berorientasu pada kehidupan akhirat  (semata-mata karena mengharap ridha Allah)

v  Amalkan apa yang telah diajarkan atau kita tahu ilmunya

v  Sukses itu bukan soal kuantitas ibadah yang dilakukan namun seberapa lama kita senantiasa ‘menghadirkan’ Allah di hati kita



Ringkasan Materi PP-5 (20 Oktober 2012)


“Motivasi Belajar Al-Qur’an”

·         Al-Qur’an à Obat Penyakit dalam dada (hati)

o   Madu à obat fisik                                                           2 “syifa” dalam Al-Qur’an

·         Kenapa perlu baca Al-Qur’an? Karena sesungguhnya Al-Qur’an akan datang sebagai syafaat di hari kiamat bagi pembacanya.

·         Al-Qur’an adalah sumber hukum Islam,

·         Al-Qur’an adalah buku yang jika kita baca, kita mendapatkan pahala.

·         QS Fathir: 29,  “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,”

·         “Khoirukum man ta’allamal-Qur’aana wa ‘allamahuu,”

·         “Dan tidaklah suatu kaum yang membaca dan mempelajari kitabullaah kecuali akan dilimpahkan kepadanya 1) dikelilingi malaikat, 2) Sakinah (ketenangan), 3) Rahmat, dan 4) disebut-sebut namanya pada hari kiamat.

·         ...

·         Bacalah Al-Qur’an dengan tartil, senantiasalah juga membaca dan mempelajari al-Qur’an.

·         Berhati-hatilah, akan ada suatu kaum yang hanya membaca Al-Qur’an dan hanya sampai kerongkongan. Mereka seperti busur yang lepas dari anak panahnya. (Bisa, tak mengamalkan)
PP MATA (6)
v  Tazkiyatu Nafs : Membersihkan jiwa dari penyakit2 jiwa, lalu menjaganya agar tetap bersih, dan berusaha untuk meningkatkan kebersihan jiwa
v  Di antara penyakit jiwa , yaitu iri, dengki, ghadab,riya,syirik
v  Adapun syirik merupakan penyakit jiwa yang paling berat, adapun riya yg sering disebut sebagai syirik kecil...dosanya amatlah berat.
v  Sesungguhnya orang2 beriman itu bersaudara
Ringkasan Materi PP-8 (24 November 2012)

“Zionis”

·         QS Al-Maaidah 82. “Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. dan Sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Kami ini orang Nasrani". yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena Sesungguhnya mereka tidak menymbongkan diri.”

·         4 Sebutan yahudi: Abraniyyu (yang menyebrang sungai Eufrat), Bani Israil (Israil=Pilihan tuhan), Yahudi, Ahlul kitaab.

·         Zionis: Gerakan internasional yang didirikan Theodore Herzg, wartawan yahudi kebangsaan Austria, “Yahudi bukan agama, yahudi adalah ras tinggi (unggul) yang tak bisa hidup berdampingan dengan ras lain.” “Palestina adalah sebuah tanah tanpa manusia untuk seorang manusia tanpa tanah.”

·         Dalam salah satu burtukulat, “Manusia adalah yahudi, yang bukan yahudi adalah layaknya binatang.”

·         Beda zionisme dengan yahudi, Zionis tidak bisa memahami aqidah yahudi dengan baik, dan menganggap yahudi adalah ras bukan agama


PP MATA’ SALMAN, 13 Oktober 2012

Fastabiqul khairat (Berlomba –lomba dalam kebaikan)


Poin-poin penting:

·         Kita diciptakan bukan hanya untuk beribadah kepada Allah tetapi juga dicinta dan dimanja Allah, karena itu jangan pernah lelah untuk mencari dan melakukan kebaikan untuk mendapatkan cinta Allah tersebut.

·         Allah tidak merasa rugi sedikit pun atau untung sekalipun dengan apa yang kita kerjakan, semua akan kembali pada kita sendiri, apakah kita mau menjadi orang yang beruntung dengan berlomba mencari dan melakukan kebaikan kepada Allah atau kita mau menjadi manusia yang rugi dengan hanya berdiam diri saja, atau barang kali mau menjadi manusia yang celaka yang melakukan keingkaran kepada Allah.

·         Ketika ada orang yang mengaku dirinya “beriman” tapi tidak merasakan cinta Allah berarti terdapat masalah dengan hubungannya dengan Allah.


3 Syarat sukses!

a. Dzikrullah /senantiasa mengingat Allah

b. Terus belajar, menggali ilmu yang bermanfaat, mengembangkan potensi diri

c. Memaafkan orang lain (membersihkan hati /melapangkan dada)





mensucikan diri
agar tak menyesal


“Fokuslah untuk mencari 99 rahmat Allah, bukan cuma mengejar 1 rahmat Allah di dunia”



PP MATA’ SALMAN, 10 November 2012
Khairu ummah (Generasi Terbaik)


Ciri –ciri :

“Mati dalam keadaan terbaik! [Khusnul khotimah]”

Potensi :

·         Allah menciptakan kita manusia dalam bentuk yang paling baik tapi bukan sempurna, dalam hal ini secara jelas dikatakan bahwa tidak ada makhluk yang lebih baik jika dibandingkan dengan manusia. [Q.S. At Tiin:4], selain itu pula kita juga dilengkapi /diseimbangi dengan kebiasaan berkeluh kesah, hati kita juga lebih condong berbuat maksiat

·         Kita diilhamkan potensi : jalan taqwa atau jalan durhaka


“BERSIHKAN HATI” agar supaya mendapatkan potensi jalan taqwa


Kategori Generasi Terbaik

1)      Mengajak kepada kebaikan

2)      Mencegah pada yang munkar

3)      Beriman kepada Allah SWT.


Lawan Generasi Terbaik ® “GENERASI TERBURUK”

[Q.S An Nisa:9]

Generasi terburuk adalah adalah Generasi yang lemah , lemah fisiknya, lemah mentalnya, lemah ekonominya.

[Q.S Yasin:  ]

Generasi terburuk dikatakan sebagai khalfun(Generasi yang menyia –nyiakan sholat dan mengikuti syahwat)


Comments

Popular Posts