MATA' ITB

MATA’ SALMAN ITB


Kali ini kita bakal bahas tentang ukhuwah.
Tak kenal maka ta’aruf,yok kita definisikan apa itu ukhuwah.
Singkatnya,mungkin kita definisikan ukhuwah itu dalah persaudaraan.

Menurut Muhammad Al Khatib ,
Ukhuwah itu adalah Kekuatan iman yang mewariskan rasa simpati disertai emosi yang tulus disertai kecintaan dan kasih sayang dan penghormatan yang dengannya lahir kepercayaan dintara orang-orang yang terikat dengan akidah tauhid dan Manhaj Islam yang kekal

Mencermati definisi diatas ,dapat kita simpulkan bahwa Ukhuwah itu merupaka suatu sistem yang saling terhubung dan sangat kompleks.

Mari kita urai satu persatu..

Ukhuwah itu harus dilandasi dengan keimanan yang kokoh.
Allah berfirman dalam QS Al Hujurat ayat 10
Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara

Nah,dalam ayat ini menegaskan bahwa persaudaraan itu dilandasi oleh keimanan. Dan hal ini yang merupakan rujukan pertama kita bila ukhuwah kita rusak atau tak kuat.
Dalam ayat ini digunakan kata ikhwah yang arti sebenarnya merupakan persaudaraan sedarah/senasab
sedangkan untuk kata ikhwan itu adalah persaudaraan bukan karena senasab ato sedarah.

Jadi antara mu`min persaudaraannya bagaikan saudara sendiri dimana disaat senang diapun merasa senang juga dan selalu ada di kala duka melanda.

Yang kedua ,implementasi dari ukhuwah ini adalah Rasa Simpati, Emosi yang tulus, Rasa Cinta ,Kasih Sayang, dan Penghormatan. Inilah rasa yang harus kita munculkan,karena sesama mu`min itu adalah ikhwah (saudara kandung).
Suatu kombinasi perasaan yang penuh haru dan sangat sempurna . Rasa yang bisa membuat kehidupan ini semua terjalani dengan indah walau berat,Ringan walau tak sempurna. Karena kesempurnaan kita  adalah saat kita punya kelebihan dan kelemahan.

Yang ketiga, orang–orang yang terlibat dalam ukhuwah ini adalah Orang yang terikat dengan Akidah Tauhid dan Islam. Ini adalah syarat yang juga penting. Karena tanpa hal ini takkan mungkin kita tergelayuti perasaan diatas. Suatu syarat yang membawa persaudaraan ini akan abadi hingga saatnya persaudaraan ini membawa akan pertemuan dengan Allah.

Allah berfirman dalam hadist Qudsi
Allah berfirman,”Aku mewajibkan kecintaanKu kepada Orang-orang yang saling mencintai karenaKu,orang orang yang duduk di majelis ilmu karenaKu,orang-orang yang saling mengunjungi karenaKu,orang-orang yang saling memberi karenaKu

Selama semester pertama ini saya di mata’ ,banyak hal2 yang saya rasakan dan sangat bermanfaat
Ilmu ilmu yang diberikan pun membuat cerah setelah seminggu lelah dengan kuliah

banyak yang saya dapatkan termasuk ukhuwah

Comments

Popular Posts