Aktivis Da'wah Selamanya (ADS)


Oke kali ini kita akan membahas tentang apa sih yang harus dilakukan kita sebagai alumni ADS untuk menciptakan sebuah organisasi remaja muslim di sekolah supaya bisa terbangun dengan baik ataupun bisa bertahan dan meraih masa kejayaannya...
.
Langsung aja kita menuju pembahasan.
Sebelum pembahasan barangkali akan saya jelaskan beberapa istilah yang bakal muncul dalam artikel kali ini seperti LDK (Lembaga Da’wah Kampus), ADS (Aktivis Da’wah Sekolah) atau yang biasa dikenal dengan anak2 Rohis...
Bagi ADS,salah satu kendala bagi perkembangan organisasinya adalah situasi dan kondisi sistem dan kader yang sering fluktuatif (yang kadang terjadi saat pergantian kepemimpinan) serta kurang minatnya bagi calon2 siswa  yang akan mendaftar sebagai pelanjut ADS.

Nah apa sih yang harus kita lakukan sebagai alumni ADS???

Mungkin kadang kalo kita melihat adik angkatan kita seperti itu,mungkin akan terlintas “Wah kecewa banget nih gue,kesel2 meng kadernya jadinya kaya gini,Udah *** buruk kinerjanya dan yang *** ga aktif.”

Mungkin boleh sebentar kita berpikir seperti itu (Tapi sebaiknya tidak),namun satu hal yang harus kita renungkan,bahwa  “Air hujan itu ga bakal jauh jatuhnya dari titirannya” atau kader yang kurang baik mungkin itu adalah akibat dari kesalahan kita sebagai Peng kader nya.

Mungkin ada nilai nilai yang seharusnya diberikan namun belum kita “wariskan” kepada mereka y,yang merupakan nilai nilai essensial yang bisa memperkuat semangat dan memperjelas tujuan da’wah mereka namun belum tersampaikan. Bahkan ada kesalahan dalam proses pewarisan Tauladan.


Mungkin kita dalam keseharian sebagai kakak angkatan terlalu bermain-main dan mengaburkan tujuan dari ADS ini. Inilah juga yang mungkin membuat adik angkatan kita berpikir “Kalo kakaknya kaya gitu,berarti gue boleh dong”.

Sebelumnya,dalam melihat hal sesuatu ,jangan hanya lihat “result”nya saja,karena kadang itu bisa mengecewakan kita,namun lihat proses yang telah mereka usahakan,lihat apa saja yang telah mereka usahakan agar bisa meneruskan kepengurusan kita,sehingga mungkin ada cacat namun kita bisa sedikit
meng apresiasi inisiatif mereka.

Beri analisis kita kepada mereka,apa perbaikan yang harus mereka lakukan,karena zaman kita dan zaman mereka jauh berbeda,jadi jangan cepat cepat menyalahkan cause their matter so different with our matter.

Berikutnya,hal yang perlu kita perhatikan adalah dalam berorganisasi kita dihadapkan pada dua pilihan yaitu menciptakan sistem atau menciptakan sejarah. Lalu manakah yang harus kita pilih??

Kita akan analisis satu persatu. Sistem adalah sesuatu yang kompleks dan bersifat kontinyu,sedangkan sejarah adalah sesuatu yang identik dengan unique dan terjadi hanya sekali dalam seumur hidup.

Nah jika dalam berorganisasi hanya untuk menciptakan sejarah,”Angkatan gue yang berjaya”, Itu ga bakal berguna atau sia sia dan hanya akan menimbulkan masalah saja,yaitu masalah yang sedang kita bahas kali ini,dan it’s nosense. Dan apa gunanya kejayaan kita jika generasi pelanjut kita hancur tak berbekas

Dan yang seharusnya kita bangun adalah sebuah sistem yang berkelanjutan sehingga ADS tetap bisa berjaya walaupun lintas generasi berjalan terus. Salah satu yang penting adalah diperjelas blueprint kenapa organisasi ini didirikan,buat Rencana Jangka Panjang , dan perjelas juga apa alasan dan motivasi kita jadi ADS.

Karena kita ga bakal bisa ngajak orang atau ngebangun sistem yang baik,jika kita tak tahu apakah motivasi kita dalam melakukan itu.

Perlu diingat bahwa jika kita ingin agar ADS bisa terus berjalan,kita butuh namanya peng kaderan,tak perlu banyak banyak yang harus di kader,namun dengan jumlah yang sedikit,kita pastikan kualitas mereka karena mereka lah yang akan melanjutkan pengkaderan kepada generasi selanjutnya.

Dan diakhir ini saya ingin mengingatkan lagi,bahwa ADS yang sukses tak melulu dilihat dari prestasi dan kemampuan membuat dan menangani acara yang besar,namun ADS yang sukses adalah ADS yang bisa membuat sebuah sistem dan manajemen organisasi ,sehingga Generasi apapun yang menangani bisa terus berjaya, Everlasting Achievement .

Sekian yang bisa saya sampaikan, Dimanapun kalian berada ,kita adalah rahmatan lil ‘alamin dan khairul ummah .

Terus jayalah ADS, Semangat lah karena ini investasi jangka panjang dan Allah ga bakal ngecewain hambanya yang mau menolong agamaNya,ISLAM.

Satukan Hati, Satu Semangat,Proud to be Moslems

ALLAHU AKBAR!!!!

Comments

Popular Posts