Unta,The Marvelous Animal


Unta adalah salah satu binatang yang diperintahkan Allah untuk diperhatikan.Seperti yang tertulis dalam Al-Quran Surat Al-Ghasyiah ayat 17 yang artinya " Apakah mereka tidak memerhatikan bagaiman unta diciptakan?"
Ada 2 jenis unta,yaitu Unta Arab yang memiliki 1 punuk dan Unta Asia yang punya 2 punuk.

Kali ini kita akan menitikberatkan pembahasan pada Unta Arab.
Secara Lahiriah,unta Arab sangat berpotensi sebagai kendaraan di Gurun.
Unta Arab memiliki mata yang terletak agak tinggi dan agak ke belakang denga 2 lapis bulu mata yang melindungi dari pasir.
Uniknya,lubang hidungnya dapat ditutup jadi celah kecil bila angin berpasir bertiup kencang.Telinganya pun berambut.
Unta memiliki daging tebal di bawah dadanya dan bantalan bantalan pada persendian kakinya sehingga memungkinkan untuk duduk diatas pasir yang panas dan tanah yang keras.
Saat musim dingin,unta dapat bertahan 2 bulan tanpa air, bila makanannya segar dan berair,dan dapat bertahan 2 minggu tanpa air,bila makanannya kering.
Saat musim panas,unta dapat menahan haus selama 1 atau 2 minggu sehingga ia kehilangan lebih dari 1/3 berat badannya.Namun jika menemukan sumber air,berat badannya dapat kembali semula hanya dalam hitungan menit.
Air yang diminumnya disimpan di sela-sela badannya.Maka dari itu unta tidak pernah terengah-engah,tidak pernah bernafas lewat mulut,dan hanya mengeluarkan sedikit keringat.
Faktanya meskipun kekurangan air,tekanan darahnya selalu stabil.
Uniknya,unta sangat terpengaruh dengan suara indah dan merdu sehingga dia dapat melangkah lebih cepat ketika mendengarnya.
Unta juga dikenal sebagai binatang yang "tak pernah berbohong".
Iapun dikenal sebagai binatang yang tak malas dan pekerja keras.
Subhanallah,itulah ciptaan Allah yang dapat diambil banyak pelajaran.
Subhanallah.
Referensi: Buku Dia Dimana-mana karya M Quraish Shihab

Comments

Popular Posts